Intel Pentium dan Celeron di masa lalu merupakan seri prosesor andalan dari Intel, kini keduanya sudah berganti status menjadi prosesor kelas low-value harga terjangkau. Walaupun begitu Intel tidak pilih kasih dengan tetap memberikan arsitektur CPU dan fitur di IGP Intel UHD yang sama untuk kedua seri prosesor tersebut.

Kabarnya Intel belum lama ini secara diam-diam telah merilis prosesor Intel Pentium seri terbaru Pentium Gold G5620, prosesor ini hadir dengan 2 core 4 thread dengan clockspeed 4 GHz minus fitur Turbo Boost serta L3 Cache sebesar 4MB. Jika melihat kepada clockspeed yang tinggi tersebut menempatkan prosesor ini menjadi seri Intel Pentium Gold dengan arsitektur Coffee Lake terkencang untuk saat ini.

Tidak hanya unggulkan clockspeed tinggi saja, Intel juga menghadirkan IGP Intel UHD 630 dengan 24 EU (execution unit), lebih kencang dibanding seri IGP Intel UHD 610 dengan 12 EU yang rata-rata hadir di seri Pentium Gold lainya seperti G5400. Sayangnya performa CPU dan IGP yang lebih kencang pastinya berdampak kepada peningkatan TDP menjadi 65W, sedikit lebih tinggi dibandingkan TDP 58W yang ada di Intel Pentium Gold lainnya.

Walaupun menghadirkan performa CPU dan grafis lebih baik, namun sama seperti Pentium Gold lainya tetap ada fitur yang dibatasi, seperti memory controller yang hanya mendukung DDR4-2400, minus fitur AVX dan juga tidak mendukung Intel Optane. Prosesor Intel pentium G5620 akan tersedia mulai bulan Maret 2019 secara bertahap di seluruh dunia dan kabarnya akan dijual di kisaran harga $100 yang menempatkan prosesor ini bersaing dengan Ryzen 3 2200G.

Facebook Comments