PC gaming tidak hanya idientik dengan bentuk casing yang besar saja, namun bagi sebagian orang terkadang lebih suka membangun mini PC bertenaga, dimana dalam membangunya pastinya dibutuhkan pendingin yang mumpuni. ID Cooling sebagai produsen pendingin PC ternama belum lama ini telah merilis HSF ID Cooling IS-30.

ID Cooling IS-30 telah mendukung berbagai socket motherboard terkini baik dari Intel maupun AMD, termasuk untuk socket AM4 yang sudah didukung melalui bracket yang tersedia. Pengguna bisa menggunakan heatsink fan ini baik di motherboard Mini-ITX maupun Mini-STX, menariknya berbeda dengan pendingin low profile lainya yang rata-rata mendukung processor TDP 65W saja, HSF ini mampu mendinginkan processor dengan TDP 100W seperti Ryzen 7 2700X atau Core i9 9900K dalam keadaan default.

Klaim tersebut sepertinya benar adanya apabila kita melihat ke sisi dalam HSF tersebut, ID Cooling telah menyediakan empat buah heatpipe berbahan tembaga yang ujungnya terhubung langsung dengan area surface processor. ID Cooling menggunakan kipas berukuran 92mm dengan rating kecepatan yang bisa diatur antara rentang 800 ~ 3600 RPM, kipas yang digunakan hasilkan kebisingan 35.8 dB(A) sedikit diatas rata-rata, namun bisa hasilkan airflow yang baik sebesar 40 CPM.

Pendingin HSF ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 100mm, lebar 93mm dan tinggi total 30mm yang sangat pas untuk digunakan di casing kelas HTTPC atau motherboard mini-ITX mana saja. Menariknya ID Cooling tidak menghadirkan sentuhan RGB apapun pada pendingin low profile miliknya ini, hal ini sepertinya wajar karena para penggemar mini-PC sebagian besar tidak terlalu mementingkannya. Sayangnya belum diketahui harga dari HSF ID Cooling IS-30 tersebut.

Facebook Comments