Bagi sebagian pengguna PC desktop khususnya para antusias nama software AIDA64 sudah tidak asing lagi, Kabarnya belum lama ini FinalWire developer dibalik AIDA64 mengumumkan kehadiran versi 5.99 beta yang diupdate tanggal 14 Februari 2019 lalu, menariknya berdasarkan catatan rilis menampilkan kehadiran seri prosesor terbaru dari Intel yakni Core i9 9900KFC. Hal yang membuat menarik dari seri tersebut adalah karena Intel belum pernah meluncurkan seri dengan akhiran “KFC” sebelumnya.

(Klik untuk perbesar)

Berbicara spesifikasi berdasarkan informasi yang beredar prosesor ini tetap akan mengusung 8 core 16 thread, walau belum diketahui informasi tentang clockspeed. Apabila kita menggunakan informasi dari prosesor yang sudah ada, Intel Core i9 9900KFC berpotensi akan menggunakan multiplier yang di unlock alias bisa di OC sama seperti prosesor Intel Core dengan akhiran “K” lainnya.

Tidak hanya itu ada kemungkinan juga prosesor ini akan hadir dengan komponen IGP Intel HD/Intel Iris yang dimatikan, seperti prosesor Intel akhiran “F” lainya. Masalah muncul pada akhiran “C” yang ada di Core i9 9900KFC yang jarang kita lihat sebelumnya, Intel hanya pernah menggunakan akhiran “C” di Intel Core i7 5775C “Broadwell” yang hadir dengan IGP Intel Iris dengan kehadiran L4 Cache eDRAM 128MB.

Jika kita menggabungkan ciri khas masing-masing yang Intel lakukan pada prosesor mereka, Intel Core i9 9900K akan menjadi processor 8 core 16 thread dengan unlocked multiplier, IGP Intel HD/Intel Iris yang dimatikan, serta hadirnya L4 Cache eDRAM tambahan. Apabila hal ini benar adanya kemungkinan kita akan melihat performa CPU yang lebih kencang dibandingkan Intel Core i9 9900K standar mengingat L4 Cache eDRAM dari Intel bisa digunakan untuk CPU apabila IGP dalam keadaan disable.

Facebook Comments