Gregory Bryant, Intel senior vice president in the Client Computing Group, displays an Ice Lake system-on-chip with 10nm technology during Intel Corporation’s news event at CES 2019 on Jan. 7, 2019, in Las Vegas. Intel displays how its technology is the foundation for the world’s most important innovations and advances at CES 2019 from Jan. 8-11 in Las Vegas. (Credit: Walden Kirsch/Intel Corporation)

Intel sebagaimana pada ajang CES 2019 yang lalu telah mengumumkan processor “Intel Ice Lake” generasi selanjutnya yang menggunakan arsitektur “Sunny Cove” serta beberapa generasi kedepan. Intel juga pada acara yang sama mengumumkan program kartu grafis miliknya bernama Intel XE yang akan dirilis pada tahun 2020.

Walaupun Intel belum merilisnya secara resmi ke pasaran akan tetapi beberapa produk laptop yang berbasis processor Intel “Ice Lake” pun sudah muncul di internet. Salah satunya adalah Alienware yang dikabarkan tengah menyiapkan produk berupa laptop gaming tipis berbasis processor Intel Core i7 “Ice Lake” tersebut.

Info ini didapatkan melalui informasi spesifikasi yang beredar belum lama ini melalui aplikasi benchmark ternama Geekbench 3. Walaupun tidak beserta hasil benchmark akan tetapi spesifikasi yang tertera menandakan terdapat perubahan signifikan pada sisi cache yang lebih besar. Lebih jelasnya untuk L1 cache ditingkatkan hingga 48 KB per Core sedangkan L2 cache menjadi 512 KB per Core.

Jika kita lihat lebih jauh lagi perubahan di sisi kapasitas cache belum pernah terjadi semenjak kehadiran Core i series generasi awal “Nehalem” hadir ke pasaran. Apabila informasi ini benar adanya maka kita akan melihat peningkatan performa yang sangat signifikan. Tidak hanya dari sisi Cache saja, processor Intel Core “Ice Lake” juga hadir dengan fabrikasi 10nm+ (generasi kedua 10nm) serta IGP Gen 11.

Fitur baru lainya yang juga turut hadir adalah DLBoost yang meningkatkan kinerja aplikasi deep learning. Intel juga meningkatkan dukungan konektivitas dengan kehadiran koneksi Wi-FI 6 dan Thunderbolt 6. Kabar baiknya berdasarkan informasi yang berbedar clockspeed yang tertera masih dapat ditingkatkan lagi, mengingat processor ini masih dalam tahap engineering sample.

 

Facebook Comments