Intel saat ini walaupun mengalami persaingan yang ketat dari AMD di sektor PC HEDT (High-End Desktop) akan tetapi Intel tetap berusaha terus memberikan yang terbaik dengan menghadirkan Intel Core i9  Extreme Series dengan konfigurasi CPU 18 Core 36 Thread. Seri tertingginya Core i9 9980 XE hadir dengan clockspeed yang tinggi hingga 4.05 Ghz dalam kondisi turbo boost.

Kabarnya Intel ingin optimalkan potensi socket LGA 2066 dan dirumorkan tengah menyiapkan processor baru Core i9-9990XE. Apabila dilihat dari nomor serinya processor ini menunjukan sebagai versi lebih tinggi dibandingkan Core i9 9980XE, namun kabarnya Intel Core i9-9990XE hanya tersedia 14 core 24 thread saja. Walaupun begitu Intel tidak menyiapklan pepesan kosong saja karena kabarnya processor ini akan memiliki clockspeed hingga 5.1 Ghz!.

Belum lama ini beredar bocoran benchmark processor Intel Core i9 9990XE yang dilakukan oleh salah satu vendor Workstation integrator Puget Systems. Seperti yang terlihat di gambar diatas ini processor Intel Core i9 9990XE unggul atas processor Intel Core i9 9980XE yang memiliki jumlah Core lebih banyak, processor ini hanya sedikit kalah unggul dari Core i9 9900K di pengujian Adobe Photoshop CC yang memiliki turbo boost dengan clockspeed 5Ghz yang serupa.

Hal ini terjadi kemungkinan karena aplikasi Photoshop CC belum memiliki scaling yang baik untuk processor HEDT yang memiliki jumlah core melimpah. Intel sampai saat ini belum merilis info tentang processor Intel Core i9 9990X secara resmi, namun beredar rumor bahwa processor ini akan hadir secara eksklusif untuk vendor OEM workstation saja yang umumnya dipakai untuk kegiatan megatasking seperti rendering grafis 3D dan video editing sekaligus.