AMD Ryzen Threadripper sebagaimana kita ketahui merupakan prosesor andalan dari AMD yang ditargetkan untuk segment workstation dan content creator. Prosesor ini menghadirkan konfigurasi CPU hingga berjumlah 32 core 64 thread, performa yang dihadirkan sudah pastinya kencang, namun prosesor ini membutuhkan pendingin yang mumpuni.

Arctic Cooling sebagai produsen pendingin untuk PC ternama belum lama ini telah menampilkan prototipe pendingin heatsink fan (HSF) terbaru rancangannya yang hadir untuk prosesor AMD Ryzen Threadripper, HSF ini diberi nama Freezer 50 TR. Arctic Cooling menyebutkan yang membuat HSF ini spesial adalah kehadiran fitur “0 dB” menghadirkan suasana pendinginan yang lebih hening dibandingkan HSF lainnya.

Lebih jelasnya tentang fitur “0 dB” tersebut aktif pada saat prosesor bekerja berat (seperti rendering, modeling dsb) kedua fan 14cm yang berada disamping akan berputar seperti biasa. Keadaan berubah dimana saat dalam keadaan prosesor bekerja ringan (seperti saat proses editing) maka putaran kipas akan berhenti secara otomatis. Fitur serupa sering kita jumpai di kartu grafis terkini, sedangkan untuk prosesor jarang muncul karena membutuhkan heatsink berukuran besar yang hanya ada di kartu grafis saja.

Tampilan HSF dari Arctic Cooling ini juga dipercantik dengan armour yang dilengkapi dengan hiasan RGB LED, kehadiran armour seperti ini merupakan hal yang lumrah bagi pendingin HSF air cooling kelas atas. Berbicara masalah performa pihak Arctic Cooling tidak memberikan konfirmasi namun berdasarkan info yang beredar pendingin HSF ini mampu menangani prosesor dengan TDP 250W atau lebih, sehingga menandakannya mendukung untuk Ryzen Threadripper 2nd Gen. Arctic Cooling akan merilis versi finalnya di ajang Computex 2019 nantinya.

Facebook Comments