AMD Navi roadmap

AMD “Navi” merupakan arsitektur GPU terbaru AMD yang dipersiapkan untuk dirilis di tahun 2019-2020 sebagai pengganti daripada arsitektur AMD “Vega” saat ini. Belakangan ini sudah banyak informasi yang beredar tentang AMD “Navi” diantaranya adalah di produksi menggunakan fabrikasi 7nm terbaru serta kencang dalam performa Ray Tracing serta akan digunakan di produk Sony PlayStation 5 dan Xbox One Next.

Belum lama ini beredar kembali rumor terbaru tentang arsitektur AMD Navi tersebut. Rumor kali ini seperti yang kami kutip dari Videocardz, menampilkan source code terbaru MacOS “Mojave” yang menampilkan kehadiran empat GPU dengan “rasa” berbeda berbasiskan arsitektur AMD Navi. Hal ini juga menandakan Apple akan kembali menggunakan GPU dari AMD kembali.

Klik Untuk Perbesar

Pada file “AMDRadeon6000HWServiceskext” telah disebutkan beberapa rasa GPU AMD Navi yakni GPU AMD Navi 16, AMD Navi 12, AMD Navi 10 dan AMD Navi 9. Walaupun belum diketahui masing-masing spesifikasi dari masing-masing GPU, namun kehadiran empat rasa ini menandakan AMD akan menghadirkan kartu grafis dengan chip GPU AMD Navi dalam berbagai varian termasuk seri low-end sekalipun.

Hal ini akan menjadi berita baik bagi para penggemar Radeon yang haus akan inovasi dari divisi grafis AMD tersebut. Seperti yang kita ketahui AMD lebih memilih menggunakan versi refresh dari GPU dengan arsitektur AMD “Polaris” dan “Vega” yang sudah berumur saat ini dengan memfokuskan di peningkatan GPU clockspeed saja dan tidak menghasilkan fitur  yang baru. Hal ini kontras seperti Nvidia yang menghadirkan fitur Geforce RTX serta DLSS di kartu grafis Nvidia Turing terbarunya.