Peluncuran kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series pada tanggal 18 November akan mengakhiri monopoli NVIDIA di segmen real-time ray tracing . Untuk pertama kalinya, gamer akan memiliki pilihan vendor GPU saat membeli kartu grafis berkemampuan ray tracing. Kemarin UL merilis pengujian fitur 3DMark baru yang mengukur kinerja ray tracing secara khusus. Kalian dapat menggunakan pengujian 3DMark DirectX Raytracing untuk membandingkan kinerja hardware ray tracing khusus pada kartu grafis terbaru dari AMD dan NVIDIA

Uji fitur 3DMark DirectX Raytracing

Real-time ray tracing sudah menjadi kebutuhan. Kartu grafis terbaru memiliki hardware khusus yang dioptimalkan untuk operasi ray tracing. Terlepas dari kemajuan performa sebuah GPU, kebutuhan rendering ray-tracing secara independen untuk sebuah game masih terlalu berat. Itulah sebabnya game masih menggunakan ray-tracing untuk membantu proses render secara konvensional.

Uji fitur 3DMark DirectX Raytracing dirancang untuk menjadikan ray tracing sebagai faktor pembatas. Alih-alih mengandalkan rendering konvensional, seluruh scene dirender dengan ray-tracing dan digambar dalam satu kali tahapan.

Hasil pengujian sepenuhnya bergantung pada kinerja ray-tracing, yang berarti kalian dapat mengukur dan membandingkan kinerja hardware ray tracing dalam kartu grafis terbaru.

Dibandingkan dengan rendering konvensional, ray tracing dapat memodelkan secara lebih akurat bagaimana cahaya berinteraksi dengan aperture kamera.

Dalam uji fitur ini, sinar kamera dilacak di seluruh bidang pandang dengan offset acak kecil untuk mensimulasikan kedalaman efek medan. Kecepatan frame ditentukan oleh waktu yang dibutuhkan untuk melacak dan membuat bayangan sejumlah sampel untuk setiap piksel, menggabungkan hasil dengan sampel sebelumnya dan menampilkan keluaran di layar. Kalian dapat mengubah jumlah sampel untuk melihat pengaruhnya terhadap kinerja dan kualitas visual. Resolusi rendering adalah 2560 × 1440.

Hasil dari pengujian tersebut adalah rata-rata frekuensi gambar dalam frame per detik. Kalian dapat membaca lebih lanjut tentang tes ini di panduan teknis 3DMark.

Mode interaktif

Tes ini mencakup mode interaktif yang memungkinkan kalian bergerak bebas di sebuah scene dan mengambil screenshots. Kalian dapat mengontrol titik fokus dan apertur kamera untuk menjelajahi berbagai efek kedalaman bidang menggunakan ray tracing.

Uji kartu grafis dengan 3DMark

3DMark menyertakan beberapa pengujian untuk membantu kalian mengukur dan membandingkan performa kartu grafis terbaru.

• Gunakan uji fitur 3DMark DirectX Raytracing untuk mengukur kinerja hardware khusus ray tracing.

• Jalankan 3DMark Port Royal untuk menguji performa grafis dengan rendering DirectX 12 dan real-time ray tracing.

• Jalankan 3DMark Time Spy Extreme untuk menguji dan membandingkan kinerja DirectX 12.

• Gunakan Stress Test 3DMark untuk memeriksa stabilitas GPU dan kinerja pendinginan dengan beban berat dan dalam jangka waktu yang lama.

pembaruan untuk 3DMark Advanced Edition from Steam dan situs webUL Benchmark.

Pemilik 3DMark Advanced Edition yang membeli 3DMark sebelum 8 Januari 2019, perlu meningkatkan versi untuk membuka tes ray tracing terbaru. 3DMark Port Royal Upgrade DLC menambahkan Port Royal, uji fitur DirectX Raytracing, dan uji fitur NVIDIA DLSS.