PlayStation 4 dikenal sebagai salah satu konsol terlaris yang telah diluncurkan oleh Sony. Kabarnya, di tengah penjualan yang tinggi tersebut Sony sudah menyiapkan generasi penerus dari PlayStation 4 dan memasuki masa uji coba. Berbeda dengan rumor yang sudah-sudah, info kehadiran konsol next-gen datang dari petinggi Sony sendiri.

Info yang datang dari wawancara antara situs berita Wired dengan Mark Cerny, kepala di bidang teknisi arsitektur. Mark Cerny memberikan konfirmasi akan kehadiran konsol “next-gen” yang saat ini belum memiliki nama. Cerny menambahkan saat ini konsol tersebut tengah berada di tangan beberapa studio perancang games agar memastikan hasil final terbaik.

Cerny dan juga tim menginginkan konsol “next-gen” tersebut agar menjadi revolusi konsol yang belum pernah ditemui sebelumnya. Cerny menginginkan performa yang jauh lebih powerful. AMD kembali menjadi partner untuk memproduksi System on Chip (SoC) berbasis CPU 7nm Ryzen 3rd Gen 8 Core dengan arsitektur Zen 2.

AMD Navi roadmap
AMD Navi roadmap

Sedangkan untuk grafis konsol “next-gen” akan ditenagai oleh custom GPU arsitektur Navi. Tidak dijelaskan tentang spesifikasi lengkapnya akan tetapi Cerny cukup terbuka dengan fitur-fiturnya. Salah satunya adalah kehadiran fitur raytracing dalam game serta dukungan 3D sound memiliki fungsi yang mirip AMD True Audio Next untuk suara game yang lebih menggelegar.

Sony juga menggunakan SSD untuk konsol “next-gen” tersebut. Selain itu Sony mengklaim PS5 akan lebih cepat dibandingkan yang ada di PC saat ini berkat dukungan PCIe 4.0. Kabar baiknya, konsol ini akan mendukung berbagai game PlayStation 4 sebelumnya termasuk mendukung game PSVR yang ada sekarang ini. Sayangnya tidak disebutkan kapan akan dirilis. Ada kemungkinan gamer baru bisa merasakan PS5 di tahun 2022-2023.