Pada saat ini perkembangan media penyimpanan data tengah berfokus kepada SSD dan juga harddisk dimana untuk SSD sedang terfokuskan dalam menghadirkan peningkatan performa sedangkan untuk harddisk adalah sebaliknya banyak vendor harddisk yang sedang terfokuskan untuk memperbesar kapasitas harddisk sebesar-besarnya.

Seagate termasuk salah satu vendor harddisk yang sedang fokus untuk pengembangan teknologi HAMR (heat-assisted magnetic recording). HAMR menggunakan teknik magnetik terbaru yang menghasilkan ruang per bit antar disk menjadi lebih besar serta menggunakan teknik laser terbaru . Teknologi HAMR ini dipercaya dapat mengatasi masalah dari kapasitas hardisk yang ada saat ini yang terbatas pada kapasitas 11-14 TB saja.

Teknologi HAMR ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu akan tetapi teknologi ini sulit dilaksanakan pada masa lampau karena terkendala teknologi laser yang digunakan. Kabar baiknya setelah bertahun-tahun pengembangan Seagate mengumumkan kesuksesan dalam pengembangan teknologi HAMR dalam bentuk Seagate Exos 16TB. .

Seagate menyebutkan dalam ujicoba internal mendapatkan kesimpulan hardisk HAMR ini memiliki karakteristik seperti hardisk yang ada sekarang ini. Pengguna bisa menggunakan secara Plug and Play sehingga tidak membutuhkan driver tambahan. Seagate juga menyebutkan kecepatan pembacaan head lebih cepat sehingga berdampak kepada peningkatan kecepatan transfer data dibandingkan hardisk yang ada saat ini.

Berita baik dari Seagate ini menandakan bahwa bahwa pengembangan hardisk masih diperlukan saat ini untuk penggunaan seperti server. Seagate akan mengumumkan Seagate Exos 16TB di tahun 2019 mendatang, Seagate bahkan menjanjikan kehadiran hardisk berkapasitas 20 TB pada tahun 2020 yang menggunakan teknologi ini.