Pada saat ini banyak game online sedang naik daun dikalangan gamers, sebut saja Apex legend, World War Z, dan PUBG Lite. Berbeda dengan para gamers antusias yang utamakan performa diatas segalanya, kalangan ini umumnya terdiri dari para mahasiswa yang menginginkan PC gaming murah bertenaga buat game online.

Kabar baiknya Nvidia baru saja merilis Geforce GTX 1650 yang merupakan seri kartu grafis dengan arsitektur GPU Turing termurah untuk saat ini. Walaupun minus fitur unggulan seperti Geforce RTX dan DLSS, kartu grafis ini bisa diandalkan untuk bermain game online terkenal di resolusi FHD sekalipun. Selain itu ia dibanderol dengan harga yang terjangkau yaitu di kisaran USD $149.99.

Geforce GTX 1650 ditenagai oleh chipset GPU TU117 yang merupakan GPU arsitektur Turing terkecil saat ini. GPU ini menghadirkan 896 CUDA cores, 56 TMUs, 32 ROPs, dan menggunakan VRAM default 4GB GDDR5 dengan jalur bus sebesar 128-bit. Kartu grafis ini sangat efisien dengan TDP 75W saja sehingga bisa digunakan tanpa power pin tambahan.

Nvidia sampai saat ini belum menyebutkan akan performanya, namun berdasarkan bocoran yang ada performa kartu grafis ini sangat kompetitif. Diketahui ia lebih unggul dibandingkan Geforce GTX 1050 Ti atau setara dengan Radeon RX 570. GTX 1650 memiliki konfigurasi memori 4GB GDDR5 dengan kisaran harga 2 jutaan rupiah. Hal ini menjadikan Geforce GTX 1650 sangat cocok juga untuk para pengusaha warnet.

Nvidia tidak membuat versi reference atau Founder Edition dari Geforce GTX 1650 ini sehingga kita hanya menemukan versi dari vendor board saja. Beberapa kartu grafis yang sudah diumumkan saat ini diantaranya adalah Gigabyte GTX 1650, Palit GTX 1650 StormX, MSI GTX 1650 Gaming X, dan ASUS ROG GTX 1650 Strix OC.

 

Facebook Comments