Pada saat ini seperti yang kita ketahui bersama berbagai harga SSD baik itu berbasis SATA maupun slot M.2 sedang murah-murahnya dipasaran, tidak hanya itu kita juga sudah bisa mendapatkan motherboard yang mendukung slot M.2 dengan harga terjangkau saat ini. Sayangnya bagi beberapa orang seperti konten kreator hal ini masih dirasa kurang.

Hal ini dikarenakan para konten kreator membutuhkan media storage yang berukuran lapang namun tetap memiliki performa yang tinggi. Beberapa produsen hardware ternama mencoba menyelesaikan masalah ini dengan menghadirkan slot SSD tambahan. MSI salah satunya dimana belum lama ini telah merilis  MSI Xpander-Aero. Produk ini sebelumnya sudah ditampilkan di ajang Computex 2018 kini akan tersedia ke pasaran.

Produk ini sekilas sangat mirip dengan kartu grafis MSI kelas low-end seperti MSI RX 550 Aero-ITX, kita baru mengetahui produk ini merupakan slot ekspansi tambahan dengan menghadirkan empat slot PCIe M.2. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh MSI dengan dengan empat keping SSD Samsung 970 Evo Pro dalam mode RAID menghasilkan kinerja baca/tulis mencapai lebih dari 1.2 GB/s. Mode Quad RAID saat ini hanya didukung di processor HEDT (Intel Core X series dan Ryzen Threadripper).

Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh pengguna SSD M.2 adalah panas. Pengguna tidak khawatir karena produk ini dilengkapi pendingin Aero yang hening dan didesain agar bisa menurunkan suhu hingga empat keping SSD sekaligus, MSI juga telah menghadirkan debug LED yang bisa mendeteksi suhu total SSD yang ada secara on-the-fly. Perangkat ini menggunakan konektor PCIe 6 pin untuk tambahan daya. Sayangnya belum diketahui akan harga resmi.