Intel belum lama ini dikabarkan telah merilis lini prosesor server Intel Xeon 2019 terbarunya dimana paling tertinggi yakni Intel Xeon Cascade Lake menghadirkan peningkatan performa signifikan melalui kehadiran “otak inti” sebanyak 56 core 112 thread serta kehadiran dukungan Intel Optane DC Persistent Memory sebagai alternatif RAM DDR4 untuk server dan data center.

Intel Optane DC Memory bekerja sama seperti RAM DDR4 yang digunakan oleh PC dan server saat ini namun tidak diciptakan sebagai pengganti RAM melainkan alternatif untuk menghadirkan kapasitas memory server yang besar. Para penyedia server wajib menggunakan minimal satu module DDR4 agar bisa menggunakan Intel Optane DC Memory tersebut.

Intel menghadirkan kapasitas Intel Optane DC Memory dengan kapasitas mulai dari 128 GB hingga 512 GB per satu modul DIMM yang lebih besar dari standar memory RAM DDR4 yakni 128GB, Intel menggambarkan penyedia sistem bisa membangun server dual socket Intel Xeon “Cascade Lake” terbaru dengan kapasitas memori lebih besar hingga 6TB (kombinasi 3TB Optane DC Memory per CPU + RAM 1.5TB )dengan biaya lebih terjangkau.

prosesor yang mendukung Intel Optane DC Memory dibutuhkan agar bisa menggunakan jenis memori ini karena menggunakan standar protokol DDR-T rancangan Intel sehingga tidak didukung pada prosesor Intel Xeon sebelumnya. Sayangnya walaupun menghadirkan kombinasi kapasitas memori yang lebih besar dibandingkan RAM namun Intel Optane DC Memory tidak memiliki daya tahan performa baca/tulis yang baik seperti RAM akan tetapi Intel menjamin Intel Optane DC Memory bisa berjalan dengan prima selama 3 tahun.

Facebook Comments