Nvidia sebagaimana kita ketahui telah merilis kartu grafis Geforce RTX 20 series dimana selain menghadirkan GPU arsitektur “Turing” terbaru, Nvidia memperkenalkan fitur Nvidia RTX yang membawa efek real-time ray tracing ke ranah game. Kabarnya beredar rumor Nvidia juga menyiapkan versi Geforce GTX yang hadir dengan GPU Turing tanpa menghadirkan fitur Nvidia RTX.

Kartu grafis Geforce GTX 1660 Ti termasuk salah satu diantaranya. Kartu grafis ini dikabarkan menggunakan chipset GPU Nvidia Turing TU116 dengan 1536 CUDA core yang lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan chipset GPU yang ada di Geforce RTX 2060 yang belum lama dirilis beberapa waktu yang lalu.

Klik untuk Perbesar

Belum lama ini kabar terbaru dari internet menampilkan benchmark terbaru dari kartu grafis Geforce GTX 1660 tersebut. Kabarnya berdasarkan benchmark Ashes of the Singularity (AotS) menampilkan performa Geforce GTX 1660 yang lebih cepat dibandingkan Geforce GTX 1060 yang umumnya ditemui di PC Desktop.

Menariknya apabila dilihat lebih teliti ternyata Geforce GTX 1660 yang tampil tersebut berasal dari testbed pengujian laptop yang menggunakan processor Coffee Lake H (CFL-H) yang umumnya ditemui di laptop gaming. Performa Geforce GTX 1660 versi desktop seharusnya bisa lebih kencang lagi mengingat tidak menemui keterbatasan TDP seperti yang ada di laptop.

Nvidia belum diketahui kapan akan merilis secara resmi kartu grafis ini ke pasaran. Namun kabarnya akan menempatkan kartu grafis Geforce GTX 1660 tersebut nantinya di antara Geforce GTX 1060 dan Geforce GTX 1070 dengan harga sekitaran $300. Apabila berita ini benar adanya Nvidia juga akan menghadirkan persaingan yang tidak kalah ketat dari Radeon RX 590 yang juga hadir di rentang harga yang sama.

 

Facebook Comments