3DMark akan menambahkan fitur test baru Variable Rate Shading (VRS) di release update terbaru 3Dmark 26 Agustus 2019 mendatang. Fitur update ini dapat di peroleh gratis untuk customer 3DMark Advanced Edition dan 3DMark Professional Edition dengan lisensi yang masih berlaku.

Apakah Variable Rate Shading ?
Variable-Rate Shading (VRS) adalah fitur baru di DirectX 12 yang memungkinkan pengembang untuk meningkatkan kinerja dengan secara selektif mengurangi tingkat detail di bagian frame di mana efek perubahan kualitas gambar itu tidak akan terlihat.

Shading rate mengacu pada jumlah operasi shader piksel yang dipanggil untuk setiap piksel. Shading rate yang lebih tinggi meningkatkan akurasi tetapi lebih menuntut kinerja GPU. Shading rate yang lebih rendah meningkatkan kinerja dengan mengorbankan tampilan visual.

Dengan Variable-Rate Shading, pengembang dapat memvariasikan shading rate dalam satu frame. Dengan menggunakan VRS untuk menurunkan tingkat bayangan untuk bagian-bagian frame yang berada dalam bayang-bayang yang dalam, jauh dari kamera, atau fokus pemain, misalnya, permainan dapat berjalan pada frame rate yang lebih tinggi dengan sedikit penurunan yang terlihat dalam kualitas visual .

Untuk melihat lebih dalam tentang Variable Rate Shading, lihat posting ini di Microsoft DirectX Developer Blog.

Tes fitur 3DMark VRS
Tes fitur 3DMark adalah tes khusus yang dirancang untuk menyoroti teknik, fungsi, atau kemampuan tertentu. Tes fitur 3DMark VRS dirancang untuk membantu Anda membandingkan perbedaan dalam kinerja dan kualitas gambar saat menggunakan Variable Rate Shading.

Tes ini menampilkan pemandangan hutan dengan lentera mengambang. VRS dinonaktifkan pada tes pertama untuk memberikan baseline untuk perbandingan.

Screenshot uji fitur 3DMark VRS dengan VRS dimatikan

Variable Rate Shading diaktifkan untuk pass kedua dari pengujian. Klik pada gambar untuk mengunduh dan membandingkan dokumen asli ukuran penuh.

Screenshot tes fitur 3DMark VRS dengan VRS aktif

Dengan VRS, operasi shader piksel tunggal dapat diterapkan pada blok piksel, misalnya menjalankan blok piksel 4×4 dengan satu operasi daripada 16 operasi terpisah.

Dalam pengujian fitur 3DMark VRS, shading rate bervariasi sesuai dengan jarak kamera ketika VRS diaktifkan: 4 × 4 untuk objek terjauh, (area biru pada gambar di bawah), 2 × 2 untuk geometri jarak menengah (area hijau) , dan 1 × 1 (area merah) untuk objek latar depan terdekat.

Screenshot pengujian fitur 3DMark VRS menunjukkan di mana berbagai shading rate digunakan

Tes ini melaporkan frame rate rata-rata untuk setiap lintasan dan menghitung kinerja yang diperoleh dengan VRS. Ada juga mode interaktif yang memungkinkan Anda mengubah pengaturan VRS dengan cepat dan mengekspor frame untuk perbandingan.

Facebook Comments