AMD Roadmap

AMD belum lama ini diberitakan telah mengumumkan processor server AMD EPYC “Rome” terbaru mereka yang menghadirkan arsitektur “Zen 2″  terbaru. Tidak hanya menghadirkan peningkatan performa dan efisiensi berkat kehadiran fabrikasi 7nm saja, AMD juga menghadirkan dukungan konektivitas PCIe 4.0 sebesar 128 lane dari chipset X570.

AMD dikabarkan juga tengah menyiapkan processor kelas mainstream yang menggunakan arsitektur “Zen 2” yang memiliki codename “Mattise”. Pada bocoran info yang berasal dari Gamers.com.tw menampilkan roadmap yang menampilkan “Mattise” sebagai processor kelas High-end mainstream terbaru untuk socket AM4 yang sudah mendukung konektivitas PCIe 4.0.

Socket AM4 sendiri seperti yang sudah AMD janjikan sebelumnya memiliki dukungan hingga tahun 2020. Apabila bocoran info ini benar maka akan menguatkan pernyataan AMD tersebut. Jikalau pada chipset AMD 400 sebelumnya AMD menghadirkan fitur AMD StoreMI, XFR 2 dan Precision Boost Overdrive (PBO). Pada chipset AMD X570 berdasarkan bocoran info akan menghadirkan dukungan slot PCIe 4.0.

Apabila informasi ini benar maka pengguna akan mendapatkan performa yang meningkat signifikan. Tidak hanya mendapatkan dukungan Slot PCIe 4.0 yang lebih kencang dari PCIe 3.0 (16 GT/s vs 8 GT/s bit rate). Pengguna juga akan mendapatkan dukungan slot NVMe yang lebih kencang dibandingkan saat ini termasuk ada kemungkinan kehadiran dukungan fitur xGMI yang merupakan penerus dari CrossfireX yang diumumkan pada Vega 20 sebelumnya.

Pada bocoran roadmap tersebut dikabarkan AMD belum akan mengganti platform kelas antusias yang ada saat ini yakni seri Ryzen Threadripper 2000. Begitu pula beberapa chipset seperti A320, B450 dan X470 masih dipertahankan dukunganya oleh AMD yang akan mengisi kelas menengah kebawah pada tahun 2019 mendatang.

Facebook Comments