Asus dimata masyarakat tidak hanya dikenal dengan produsen komponen hardware ternama saja, namun Asus dikenal beberapa seri miliknya seperti ROG, TUF Gaming, dan Strix yang masing-masing seri memiliki ciri khasnya tersendiri. Belum lama ini Asus dikabarkan telah merilis kartu grafis gaming dari seri TUF Gaming pertama yakni Asus TUF GeForce RTX 2060.

Apabila kita lihat dari motif garis abu-abu dan logo TUF yang ada, kita akan bisa langsung menebak bahwa produk ini termasuk keluarga TUF. Berbeda dari saudaranya ASUS ROG-Strix RTX 2060 yang menggunakan pendingin triple fan, Asus hanya menggunakan pendingin dual fan yang berukuran lebih mungil dengan panjang hanya sebesar 20.4cm cocok untuk digunakan pada casing middle-tower.

Kartu grafis ini telah menggunakan pendingin dual fan yang sudah mengantongi sertifikat IPX5 untuk anti debu. Asus menjelaskan yang membedakan kartu grafis ini dengan kartu grafis seri lainnya adalah daya tahan, kabarnya Asus telah menghadirkan program validasi produk yang menghadirkan pengujian bermain game hingga 144 jam secara terus menerus di game favorit seperti Fortnite, League of Legends, Overwatch, dan software benchmark 3DMark.

Berbicara tentang spesifikasi vga card ini memiliki base clock 1,365MHz dengan turbo boost 1,689MHz yang mirip dengan seri founder edition. Asus akan tetapi telah merilis juga model lainya dengan boost clock yang lebih besar yakni TUF Gaming GeForce RTX 2060 OC Edition dengan boost clock 1,710MHz. Kabar baiknya kartu grafis ini menggunakan konektor 1×8 pin yang sudah tersedia di berbagai PSU saat ini. Sayangnya belum diketahui harga resmi dan kapan tersedia ke pasaran Indonesia.

Facebook Comments