Pada ajang CES 2019 yang lalu AMD telah menunjukkan untuk pertama kalinya prosesor mereka yang menggunakan fabrikasi 7nm yaitu AMD Ryzen gen 3. Tidak hanya menggunakan fabrikasi baru, AMD juga melakukan upgrade pada sisi lain seperti arsitektur CPU Zen 2, dukungan konektivitas PCIe 4.0, serta penggunaan desain modular “chiplet” terbaru.

Walaupun sudah ditampilkan pada ajang CES 2019 lalu, namun AMD belum merilis secara resmi ke pasaran hingga pertengahan tahun. Kabar baiknya bagi anda yang nantinya ingin upgrade ke prosesor terbaru ini, akan dimudahkan dengan beberapa vendor motherboard yang menyatakan akan mendukung. Salah satu di antaranya adalah ASUS.   

ASUS menulis beberapa motherboard yang akan mendapatkan update BIOS. Terdapat sekiranya 30 lebih motherboard ASUS socket AM4 dari berbagai seri chipset yang termasuk ke dalam keluarga chipset AMD seri 300 dan 400. Sayangnya, bagi anda yang memiliki motherboard chipset A320 dan A300 (mini PC) tidak akan mendapatkan dukungan tersebut.

Informasi mengenai chipset A320 yang tidak memperoleh update merupakan hal yang wajar mengingat chipset ini hanya digunakan pada motherboard kelas low-end maupun value. Belum lagi sebagian besar motherboard ini memiliki komponen VRM yang minim sehingga chipset A320 hanya direkomendasikan untuk prosesor Ryzen APU hemat daya.

ASUS telah menyiapkan update BIOS terbaru untuk mendukung prosesor AMD Ryzen gen 3 dan akan tersedia di website resmi ASUS. Kabar ini bisa menjadi sedikit angin segar bagi para fans AMD mengingat apa yang dijanjikan yakni dukungan socket AM4 hingga tahun 2020 akan terwujud.