Asus sebagaimana kita kenal sebagai salah satu dari produsen laptop ternama dikabarkan tengah menyiapkan produk laptop terbaru yang kali ini dikabarkan agak sedikit berbeda dibandingkan biasanya karena Asus dirumorkan sudah menyiapkan laptop duet prosesor AMD Ryzen APU 3000 series “Picasso” dengan kartu grafis Nvidia Geforce GTX/RTX yang menggunakan GPU “Turing”.

Informasi ini didapatkan dari pengguna Twitter TUM_APISAK yang menyampaikan akan ada tiga seri laptop yang akan hadir yakni Asus FX505DU, Asus GU502DU dan Asus GU502DV. Ketiga seri tersebut merupakan laptop gaming dimana untuk seri “FX” masuk ke dalam keluarga TUF Gaming dan menyasar pasar gaming kelas low-end sedangkan “GU” masuk ke keluarga ROG dengan kelas laptop gaming tipis.

Pada salah satu laptop yakni seri Asus FX505DU didapatkan info yang diduga spesifikasi lengkapnya yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 3750H dengan menggunakan kartu grafis diskrit Nvidia Geforce GTX 1660 Ti Max-Q. Informasi ini cukup mengejutkan karena Nvidia sebelumnya belum pernah memberikan informasi akan merilis seri Geforce GTX “Turing” untuk laptop gaming.

Laptop lainnya Asus GU502DU dan Asus GU502DV dikabarkan juga akan menggunakan prosesor yang sama dengan tersedia varian Ryzen 5 3550H (4C/8T, 2.1GHz base, 3.7GHz boost, 35W) atau Ryzen 7 3750H (4C/8T, 2.3GHz base, 4GHz boost, 35W) bedanya kedua laptop gaming ini akan menggunakan kartu grafis Geforce RTX 2060 Max-Q. Kombinasi keduanya bisa dijadikan alternatif pilihan, apalagi mengingat AMD Ryzen APU 3000 “Picasso” kini tersedia dalam varian TDP 35W yang lebih kencang, serta IGP Radeon Vega yang ada cukup powerful buat diajak main game.