Pada ajang CES 2019 yang sudah dilaksanakan belum lama ini, AMD turut hadir dengan memperkenalkan beberapa produk generasi selanjutnya salah satunya adalah Ryzen 3rd Gen. Processor ini akan menggunakan arsitektur “Zen 2”  dan dibuat menggunakan fabrikasi 7nm terbaru. Tidak hanya itu dukungan PCIe 4.0 juga turut hadir dan kabar baiknya AMD Ryzen 3rd mendukung motherboard socket AM4 sebelumnya.

Walaupun produk AMD Ryzen 3rd Gen sudah dikonfirmasi akan hadir dengan konfigurasi 8 Core 16 Thread yang sama dengan yang ada di Ryzen 7 sebelumnya. Beberapa pengamat menyakini dengan menggunakan desain “Chiplet” terbaru, AMD dengan mudah membuat processor hingga 16 core/32 thread. Hal ini bisa terjadi karena terdapat kekosongan ruang yang bisa bisa dimanfaatkan untuk menggunakan mengisi chiplet berbasis 8 core 16 thread.

Kabar baiknya sepertinya hal tersebut mungkin akan terjadi. Berdasarkan rumor yang beredar belum lama ini kabarnya AMD sedang menguji salah satu proicessor AMD Ryzen 3rd Gen codename “Matisse” yang menggunakan 12 core/24 thread CPU di salah satu aplikasi mining. Processor yang masih dalam tahap Engineering Sample tersebut memiliki clockspeed sebesar 3.4 Ghz dan turbo clock 3.6 Ghz.

Pada informasi yang sama juga menampilkan motherboard terbaru yang menggunakan chipset berbasis AMD Myrtle-MTS, menandakan kehadiran chipset AMD terbaru untuk menyambut AMD Ryzen 3rd Gen yang kemungkinan besar akan mendukung PCie 4.0. Berdasarkan performa sementara yang tertera terdapat peningkatan performa single-thread yang sangat signifikan dibandingkan Ryzen sebelumnya serta performa multi-thread yang setara. Harap diingat produk final yang akan hadir mungkin akan memiliki clockspeed yang lebih tinggi.

Facebook Comments